Patok Perbatasan Yang Kesepian

Standard

Beratnya medan di wilayah “blank post ” perbatasan Kutai Barat-Malaysia

Pulau Kalimantan merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki batas darat dengan negara tetangga, yaitu Malaysia. Dari lima propinsi yang ada di Kalimantan, tiga propinsi memiliki wilayah yang terdapat patok perbatasan yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Tim Jelajah Perbatasan Ekspedisi Khatulistiwa yang terdiri dari pasukan elit TNI (Kopassus, Marinir, Paskhas, Raider) berpose di patok perbatasan tipe D

Di Kalimantan Timur, satu-satunya kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia adalah Kutai Barat. Meskipun tidak terlalu panjang, hal yang perlu diperhatikan oleh pihak yang berwenang adalah wilayah perbatasan negara di Kutai Barat adalah area Blank Post. Blank Post merupakan kawasan perbatasan dimana tidak ada satu pun pos perbatasan yang jaraknya dekat dengan patok perbatasan. Jika dilihat di peta, wilayah ini terletak persis di tengah-tengah Pulau Kalimantan.

Kondisi patok perbatasan yang mengenaskan, rusak dan berlumut

Di Kutai Barat, pos perbatasan terdekat berada di Kecamatan Long Apari yang jaraknya sekitar 50 KM dari patok perbatasan. Dari Pos Long Apari perjalanan ke patok perbatasan hanya dapat ditempuh dengan menyusuri sungai lalu berjalan kaki. Kondisi medan sangat berat harus menembus hutan lebat, perbukitan dan anak sungai berarus deras. Sebetulnya pernah ada pos perbatasan yang ada di Bukit Lasantuyan lokasinya dekat dengan patok perbatasan, namun karena medan yang sangat berat, pos ini sudah tidak digunakan lagi.

Dapat dibayangkan, beratnya tugas patroli prajurit pengaman perbatasan

Jauhnya jarak pos perbatasan yang aktif mengakibatkan minimnya intensitas patroli prajurit TNI terhadap patok perbatasan. Kondisi ini mengakibatkan wilayah perbatasan yang berada di blank post sangat rawan terhadap beberapa hal antara lain pencurian kekayaan alam, kerusakan patok perbatasan, hingga penyelundupan benda-benda ilegal.

Memecah kesunyian di pos perbatasan Bukit Lasantuyan yang sudah tidak aktif

Semoga keadaan ini bisa diperhatikan oleh pemerintah. Pengamanan wilayah perbatasan merupakan salah satu upaya menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s