Tentang Geologi Kutai Barat

Standard

image

Unit geologi dan potensi bencana merupakan salah satu unit yang tergabung dalam tim Ekspedisi Khatulistiwa Sub – Korwil 07 Kutai Barat, disamping unit – unit lainnya seperti flora fauna, kehutanan dan social budaya. Unit geologi dan potensi secara umum meneliti tentang kondisi geologi yang meliputi jenis batuan, morfologi, dan struktur geologi di daerah Kutai Barat, dan secara khusus mencari potensi – potensi sumberdaya energi maupun mineral berdasarkan kondisi geologi tersebut. Berikut adalah hasil penelitian dari temuan – temuan unit geologi dan potensi bencana selama tiga bulan menempuh ekspedisi.

Kondisi geologi daerah Kutai Barat secara umum terbagi dalam dua zona fisiografis, yaitu zona cekungan dan zona tinggian. Daerah Kutai Barat sebagian termasuk dalam Cekungan Kutai yang terkenal sebagai cekungan sedimen paling produktif saat ini, sebagian lagi merupakan daerah tinggian yang termasuk dalam deretan tinggian Kutching yang berarah utara – barat pulau Kalimantan atau dikenal juga dengan North-West High. Kedua zona fisiografis ini dibedakan satu sama lain berdasarkan kondisi topografi dan jenis batuan yang ditemukan. Masing – masing zona fisiografis tersebut memiliki kondisi geologi yang berbeda demikian pula potensi yang dimilikinya.

3 responses »

    • Terima kasih Mas Rama atas kritiknya, kami sedang berusaha agar info yang ditampilkan di blog ini bisa dengan mudah dipahami oleh masyarakat luas. Semoga kedepannya, tulisan yang kami sajikan dapat lebih dalam dan akurat. Terima kasih. (Iwan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s